11/9/11

Kotak Saran

Oleh: Ekine Tyas.

Taraaa….. ini dia salah satu program OSIS bidang V di SMA Neg. Siwalima Ambon. Yupz, Kotak saran. Kotak saran ini nggak cuma cetusan dari bidang V aja loh, yang jelas tiap-tiap bidang di OSIS juga mengusulkan program ini. Kotak saran ini mungkin sudah agak biasa atau sering diperbincangkan dan dilaksanakan di seluruh sekolah. Tapi, wait ! Buat kita anak-anak Siwalima, program ini punya keunggulannya tersendiri. Mau tahu apa-apa aja keunggulannya? Chek this out :
  1. Karena kita punya segudang kegiatan yang tentunya memeras banyak waktu, kotak saran membantu kita untuk menumpahkan keluh kesah kita yang nggak setuju masalah : waktu sekolah ataupun waktu di asrama.
  2. Berhubung kotak saran hanya dilakukan tiap akhir bulan, hal ini sangat membantu bidang V untuk secara langsung mengawasi jalannya pemungutan saran yang tentunya nggak bersifat memaksa. Dikarenakan, apabila diadakan tiap harinya maka kotak ini akan susah untuk diawasi. Malah-malah akan kosong, kan setiap hari masing-masing dari kita punya waktu yang nggak tentu.
  3. Kotak saran ini sangat membantu kita, para anggota OSIS dan MPK untuk melaksanakan rapat evaluasi akhir bulan yang rutin untuk dilaksanakan. Iya kan? Iya dong! Setelah diseleksi melalui kesiswaan, masing-masing saran itu akan sampai di tempat tujuannya. Contohnya, untuk OSIS / MPK baik secara pribadi maupun perbidang, untuk kebijakan sekolah, ataupun untuk dewan guru.
  4. Kotak saran ini sangat membantu siswa-siswi untuk mengasah juga kemampuan menuangkan gaya bahasanya di surat saran. Surat saran yang biasanya unik dan menarik akan mendapatkan point khusus yang mempuat nilai kebahasaannya dicap bagus (Biasanya akan dilirik oleh tim redaksi majalah/mading kita buat dijadiin anggota. )
  5. Kotak saran juga membantu kita untuk menumpahkan aspirasi, keluh kesah kita di sekolah ataupun di asrama (bukan berarti curhat loh ya!). Isi dari kotak saran beraneka ragam, mulai dari ucapan terimakasih, kritikan yang membangun, sindiran yang penuh makna, sampai kertas kosong sekalipun ( buat yang suka usil nih. Hehe .. ). Yang jelas semua harus bebas dari kata makian, kata kasar, dan saudara-saudaranya.
Hayo, menarik kan? Akuin aja deh. Hehe.. ( Maksa banget ) . Jumlah keunggulannya ada lima kan? Iya dong, pelaksanananya kan bidang V ( Narsis ah ). Semoga untuk kedepannya kotak saran ini akan semakin lancar ( Amin ). Terimakasih untuk semua dukungan dari siswa-siswi, dewan guru, dan semua yang terkait.  Untuk teman-teman, jangan ragu memasukkan surat saran kedalam bahasa lain ya. We know your talent guys, nggak perlu yang kompleks amat yang penting cukuplah untuk dimengerti ;)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...